Sunday, December 3, 2017

Perbedaan Dan Persamaan Antara Motor Grasstrack Dan Motorcross



Perbedaan Motorcross dan Grasstrack

Perbedaan Dan Persamaan Antara Motor Grasstrack Dan Motorcross  Perbedaan Dan Persamaan Antara Motor Grasstrack Dan Motorcross


Motocross
Ajang balap motocross biasanya memakai motor jenis special engine (SE), ini yakni motor offroad dengan spesifikasi hanya digunakan di lintasan balap bukan untuk di luar sirkuit. Semua bab pada motor didesain dengan sangat simpel, bahkan fitur-fitur yang tak lagi diharapkan harus dilepas. Maka jangan heran jikalau mendekati motor balap motocross tak lagi ditemukan indikator kecepatan, rpm, lampu depan sampai lampu rem dan sein.
Spesifikasi motor balap motocross juga mempunyai suspensi yang didesain dengan travel panjang untuk keperluan jumping. Selain itu, ukuran ring ban juga besar. Hal ini bertujuan untuk sisi keamanan ketika motor harus melibas trek yang penuh obstacle dan unpredictable. Biasanya ban depan berukuran 21inci dan belakang 19inci.
"Mesin pada motor balap motocross juga didesain mengutamakan akselerasi untuk putaran bawah bukan untuk putaran atas atau nafas panjang," terang Ari Anggoro, crosser senior yang sudah malang melintang di banyak sekali ajang balap garuk tanah di Indonesia.
Grasstrack
Perbedaan Dan Persamaan Antara Motor Grasstrack Dan Motorcross  Perbedaan Dan Persamaan Antara Motor Grasstrack Dan Motorcross

Sementara grasstrack merupakan jenis olahraga balap motor di lintasan offroad. Motor balap yang digunakan yakni yang dijual bebas di pasaran. Untuk dapat digunakan di ajang balap grasstrack, maka motor tersebut harus dilakukan modifikasi ulang di banyak sekali bagian, sehingga layak dan kondusif untuk balap.
"Modifikasi untuk motor yang digunakan di ajang grasstrack biasanya dilakukan pada seputar suspensi dan tentunya mesin. Untuk jenis motor tertentu juga dilakukan modifikasi pada rangka. Ban dan velg sudah niscaya juga harus diganti," sambung Ari yang sering kali mendesain sirkuit balap motocross.
Dari segi perlombaan, motocross dan grasstrack ternyata juga mempunyai perbedaan. Balapan motocross dijalankan menurut hitungan menit bukan jumlah lap. Sedangkan grasstrack memakai jumlah lap sebagai contoh untuk pengibaran bendera finish. Jumlah lap bervariasi, tergantung kelas perlombaan dan panjang sirkuit yang digunakan.
Nama kelas yang digunakan antara motocross dan grasstrack juga berbeda. Motocross penamaan kelas menurut kapasitas mesin atau cc. Lain halnya dengan grasstrack yang menurut jenis motor, contohnya angsa standar, angsa modif, sport, FFA dan lain sebagainya.
"Biasanya ajang balap motocross untuk Kelas MX2 berlangsung selama 30menit plus 2 lap. Lalu untuk kelas di bawahnya waktunya semakin pendek sesuai kelas dan kapasitas mesin. Di beberapa negara di Asia dan Inggris grasstrack juga ada," pungkas Ari. Di Indonesia sendiri, kedua jenis balapan ini masuk dalam aktivitas Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

Persamaan motorcross dan grasstrack
1.       Memiliki kompetensi balapan yang relatif menantang 
2.       Membutuhkan mesin yang berpengaruh dan bertenaga  
3.       Sama-sama perlu anggota team untuk memodifikasi motor 
4.       Sama sama offroad di lintasan tanah, lumpur dan rumput 
5.       Pembalap-pembalap yang hebat 
6.       Disponsori dengan motor dengan merk yang terkemuka

0 comments

Post a Comment